Share This Blog

Senin, 01 Agustus 2011

0

Tips Puasa Sehat dengan Menu yang Tepat

Posted in
Dalam menyiapkan menu masakan buka puasa dan sahur ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lho! Bukan hanya rasa dan kesegaran makanan atau minuman yang perlu diperhatikan, tapi juga kandungan gizi dan nutrisi bagi tubuh agar tetap bugar selama Ramadhan ini.
Pastikan Anda mengkonsumsi masakan dengan gizi cukup, baik saat berbuka puasa maupun sahur. Apapun menu Anda, pastikan unsur gizi seperti lemak, protein, vitamin, karbohidrat dan mineral terpenuhi dengan cukup. Beberapa vitamin yang penting dikonsumsi saat puasa adalah vitamin A, B, dan C. Jenis-jenis vitamin ini bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi sayuran berwarna hijau tua, kacang-kacangan atau buah berwarna kuning atau merah.

Saat sahur, sebaiknya pilihlah resep masakan yang menyertakan sayur-sayuran dan lengkapi dengan buah. Kedua jenis makanan ini mengandung serat tinggi yang baik bagi pencernaan Anda, terutama saat puasa. Dengan serat yang cukup maka Anda tidak mudah cepat lapar, karena pada dasarnya tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan berserat. Selain itu, perhatikan juga asupan air Anda untuk mencegah dehidrasi. Usahakan minum air sebanyak-banyaknya pada malam hari dan saat sahur untuk menghindari dehidrasi saat beraktivitas sehari-hari.

Saat berbuka puasa seringkali kita kalap dan akhirnya mengkonsumsi terlalu banyak makanan atau minuman. Hal inilah yang perlu dihindari! Karena pada dasarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berbuka puasa. Sebaiknya biasakan berbuka dengan makanan atau minuman hangat dan manis. Hal ini penting untuk menormalkan kadar gula dalam tubuh kita. Karena jika langsung berbuka dengan air dingin atau es, perut yang kosong bisa menjadi kembung karena asam lambung dalam tubuh akan terbentuk semakin banyak. Selain itu buka puasa sebaiknya dilakukan secara bertahap agar lambung tidak “kaget” dan kinerja lambung juga tidak terlalu berat.

Satu hal lagi yang perlu diingat, jangan biasakan langsung tidur setelah sahur dan buka puasa ya para penyuka masak. Karena tubuh butuh waktu untuk mencerna makanan yang baru saja dimakan. Nah, dari beberapa tips di atas, sudah tahu kan resep makanan apa saja yang akan diolah saat sahur dan buka puasa selama Ramadhan? Jika masih bingung, para penyuka masak juga bisa melihat-lihat aneka resep di www.sukamasak.com/resep. Selamat puasa ya, para penyuka masak.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...